Qmail-Toaster

Cuma bikin dokumentasi kecil-kecilan.
Setelah lama akhirnya harddisk mail server rusak terpaksa install ulang, gak ada dokumentasi pulak. Sepertinya mesti dibikin semua dokumentasi.
Milih milih OS mana yang sudah all-in, kalau mau install manual satu-satu, bisa bisa 3 hari 3 malam gak selesai, hahahahah. Sempat coba ClearOS, tapi kok banyak mail server yang nendang dari server ku. Sementara situs qmailrocks.org gak ada lagi. Hukkh… pusing juga. Mo pakai e-smith, sepertinya gak ada pergerakan di contribs.org. Versi yang paling stable hanya versi 7.3. Cari-cari lagi, ternyata ada qmailtoaster. Download selama 10 menit, langsung burn.
Waktu install pakai cd-rom samsung, ekh.. gak bisa baca pula dia. Ku ganti pakai cd-rom lite on lama yang cuma bisa baca CD. wah, bisa jalan, tapi kok setengah jalan bilangnya file gak bisa dibaca. Emosi jiwa juga nih… Kabel IDE-nya kelihatan bagus, gk pikir panjang, langsung aja aku ganti kabel IDE-nya. Eh.. ternyata berhasil, jalan terus maknyos. Kampret tuh kabel IDE.
Setelah proses instalasi selesai, CD otomatis keluar, lalu proses auto install qmail dan staff-nya sampai squirrelmail dilakukan secara otomatis. Berbeda dengan e-smith, yang begitu selesai install langsung masuk ke konsol konfigurasi.
Akhirnya reboot lagi pc-nya. Login dan ketik qtp-menu. Masuk ke menu newmodel langsung enter, auto update. Nunggu kurang lebih 30 menit, akhirnya auto updatenya selesai.
Lalu setting untuk kepentingan Helo-nya smtp dari /var/qmail/control
Selanjutnya ganti logo squirrelmail menjadi logo perusahaan melalui /usr/share/squirrelmail/config/conf.pl.

Lalu login melalui browser, buka http://myserver.com/admin-toaster/ user admin pass toaster, langsung ganti password. Lalu create virtual domain, melalui tombol vqadmin, isi formnya, dah kelar virtual domain. Terus masuk ke qmailadmin melalui http://myserver.com/qmailadmin, login, create user email dan mailing list. Ugh.. capek juga ngetik ngetik nama dan password preman preman semua :D. Dah mirip seperti tukang ketik di rental komputer jamin ginting.

Lalu coba send-receive di microsoft outlook, berhasil, test kirim email ke email sendiri, berhasil. Lalu kirim coba kirim ke yahoo.com, kok gak berhasil. Keluar warning di outlook nya dari System Administrator, bilang gak bisa kirim ke domain yahoo.com dan disuruh tanya ke System Administrator kenapa gak bisa kirim. Maksud lo apa seh…
Cek di di /var/log/qmail/send/current , gak ada keluar warningnya, sepertinya gak bisa pakai smtp sendiri karena mesti ada autentikasi.
Bingung mo gimana lagi caranya.
Cari-cari di gugel, dapat pencerahan, lihat di /etc/tcprules.d/tcp.smtp, tambah di bawah
127.:allow,RELAYCLIENT=””,DKSIGN=”/var/qmail/control/domainkeys/%/private”,RBLSMTPD=””,NOP0FCHECK=”1″
202.194.124.:allow,RELAYCLIENT=””,DKSIGN=”/var/qmail/control/domainkeys/%/private”,RBLSMTPD=””,NOP0FCHECK=”1″
202.191.124.:allow,RELAYCLIENT=””,DKSIGN=”/var/qmail/control/domainkeys/%/private”,RBLSMTPD=””,NOP0FCHECK=”1″
202.192.124.:allow,RELAYCLIENT=””,DKSIGN=”/var/qmail/control/domainkeys/%/private”,RBLSMTPD=””,NOP0FCHECK=”1″
lalu restart qmail dengan cara qmailctl restart
Setelah itu dicoba lagi kirim email ke yahoo.com.
Gak berhasil juga, setelah baca-baca lagi di halaman yang sama, ternyata ada yang terlupakan.
Bukan qmailctl restart, tapi qmailctl cdb. Lalu keluarlah
Reloaded /etc/tcprules.d/tcp.smtp
Reloaded /var/qmail/control/badmimetypes.cdb
Reloaded /var/qmail/control/badloadertypes.cdb
Reloaded /var/qmail/control/simversions.cdb
Reloaded /var/qmail/control/simcontrol.cdb

Lalu coba kirim email lagi ke yahoo.com.
BERHASIL.
Tinggal copy data email preman preman. Gimana caranya yah… Cari di gugel lagi lah, nanti lah itu, yang penting smtp dah bisa dipakai sama pelanggan. 😀

Published
Categorized as LINUX

By Jimmy

Bekerja di salah satu ISP di Medan dan saat ini kebetulan diangkat sebagai Pengurus APJII Medan.

Leave a comment